SCAFFOLDING 101 : RING BASE

    Setelah sebelumnya membahas Main Frame, kali ini jenis scaffolding yang akan dibahas selanjutnya daalah Ring Base. Main frame dan ring base memiliki fungsi yang sama dalam membantu konstruksi bangunan yang sifatnya sementara. Hal yang membedakan antara main frame dan ring base komponen-komponen yang membangunnya.
    Ring base memiliki 6 komponen utama, yaitu :
1.    Vertical
Merupakan inovasi terbaru dai scaffolding yang berbasis ring. Dengan metode ini maka instalasi akan lebih mudah dan lebih kokoh.
2.    Jack Base
Terbuat dari bahan plat dan as drat berkualitas, sehingga sangat kokoh dan aman saat digunakan. Jack base berfungsi sebagai kaki untuk mengatur ketinggian ring base sesuai dengan kebutuhan. Dapat berfungsi pula sebagai pengatu ketinggian kaki ring base saat diletakkan di bidang yang tidak rata.
3.    Horizontal
Horizontal merupakan komponen penopang antara vertical pada struktur ring base. Sama halnya dengan dengan vertical, ini merupakan inovasi terbaru dari scaffolding yang berbasis ring. Dengan metode ini maka instalasi akan lebih mudah dan lebih kokoh.
4.    Inner
Inner merupakan komponen yang digunakan untuk menyesuaikan ketinggian dari struktur ring base dan dilengkapi dengan 13 lubang.
5.    Lock Pin
Lock pin adalah bagian keamanan dari ring base yang digunakan untuk mengunci antar komponen.
6.    U-Head Fork
U-head fork merupakan komponen penahan dalam struktur bekisting.

    Komponen pendukungng lain yang dapat lebih memaksimalkan penggunaan ring base adalah :
1.    Catwalk
2.    Stair
3.    U-head
4.    Wheel with lock
5.    Wheel without lock

 

Gambar : Proyek Krakatau Steel

 

Share this post