FORMWORK : PANEL COLUMN

FORMWORK : PANEL COLUMN

 

Panel column merupakan salah satu jenis bekisting yang biasanya digunakan dalam pembuatan dinding bagunan. Panel column berfungsi sebagai cetakan beton agar, kemudian beton dapat mengeras dan menjadi dinding yang kokoh.

Panel column memiliki delapan bagian yang kemudian dirakit sehingga dapat menjadi satu kesatuan yang utuh. Berikut ini adalah bagian-bagian yang terdapatpada panel column, diantaranya :

1. Panel

Digunakan untuk mempercepat pengecoran pada pembuatan tiang dan tembok yang ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

 

2. Wing Nut With Tie Rod

Wing nut with tie rod merupakan kelengkapan dari komponen formwork. Berfungsi sebagai pengaman untuk mengunci panel. Ukura wing nut with tie rod dapat diatur sesuai kebutuhan.

 

3. Bracing Vertical

Merupakan inovasi baru untuk keperluan bekisting. Bracing vertical digunakan untuk penyetelan panel yang berfungsi sebagai kaki penopang yang dapat diatur ketinggiannya agar panel bisa berdiri.

 

4. Base Plate

Base plate digunakan untuk menahan dan mengunci bracing

 

5. Kicker

Kicker digunakan untuk penyetelan panel yang berfungsi sebagai kaki penopang yang dapat diatur ketinggiannya agar pnel dapat tegak lurus.

 

6. Catwalk

Catwalk merupakan bagian dari scaffolding yang berfungsi sebagai tempat berpijak yang digunakan untuk akses para pekerja

 

7. Scaffold Jack

Komponen yang berfungsi sebagai tempat untuk memantau pekerjaan pada panel.

 

8. Stair

Stair merupakan komponen yang digunakan sebagai alat bantu untuk pekerjaan naik. Stair bisa juga dipakai paa scaffolding model main frame maupun ring base.

 

Foto : Proyek Dawuan Alexindo bersama JAGAT Konstruksi

 

Share this post