SCAFFOLDING 101 : MAIN FRAME

Main frame merupakan salah satu jenis scaffolding yang umum digunakan dalam konstruksi pembantu bangunan sementara. Penggunaan main frame, dimaksudkan untuk mendukung pengerjaan konstruksi bangunan yang sedang dibangun.

            Main frame terdiri atas enam komponen main frame dan beberapa aksesoris main frame. Diantara komponen main frame tersebut adalah :

1. Main Frame

Main frame adalah bagian dari scaffolding yang berperan sebagai komponen utama terdiri dari berbagai macam tipe ukuran. Fungsi main frame untuk mengatur ketinggian dan lebar scaffolding yangakan dirangkai sesuai dengan kebutuhan bangunan.

2. Cross Brace

Merupakan bagian dari kelengkapan scaffolding. Cross brace merupakan dua pipa yang saling bersilangan yang dihubungkan bagian tengahnya, digunakan sebagai pengikat antara masing-masing main frame sehingga main frame dapat berdiri tegak.

3. Lock Pin

Lock pin merupakan kelengkapan dari scaffolding. Komponen ini berfungsi sebagai pengaman untuk mengunci cross brace.

4. Joint Pin

Joint pin merupakan salah stau komponen dari scaffolding yang digunakan sebagai penyambung antara main frame.

5. Catwalk

Catwalk merupakan bagian dari scaffolding yag berfungsi sebagai tempat berpijak antar main frame yang digunakan untuk akses para pekerja.

6. End Frame

End frame adalah bagian dari scaffolding yang berperan sebaga penambah ketinggian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan.

            Selain enam komponen diatas, main frame juga memiliki beberapa aksesoris yang dapat lebih menunjang fungsi dari main frame tersebut, diantaranya;

  1. Out Trigger
  2. Pipa Stood
  3. Horizontal Frame
  4. U-Head
  5. Jack Base
  6. Guard Rail
  7. Support TS90
  8. Clamp (Fix Clamp & Swivel Clamp)
  9. Beam Clamp ( Fix Clamp & Swivel Clamp)
  10. Wheel with Lock
  11. Wheel without Lock

Share this post